“Ingat Asimtoot Pacaran”, Saran Prof. Hardi pada Mahasiswa

Seorang dosen filsafat matematika memberi nasihat kepada sepasang mahasiswa yang sedang pacaran. Katanya, “Pria dan wanita yang belum berstatus suami istri itu ibarat grafik fungsi dan asimtootnya. Semakin lama semakin dekat, tetapi badan tidak pernah bersinggungan”. Demikian salah satu humor filsafat matematika yang ditulis Prof. Dr. Hardi Suyitno, M.Pd. dalam buku orasi ilmiahnya pada upacara pengukuhan sebagai Guru Besar Bidang Filsafat Matematika di Auditorium Unnes, 16 Maret 2011. Dalam orasi yang berjudul “Nilai-Nilai Matematika dan Relevansinya dengan Pendidikan Kewarganegaraan”, Prof. Hardi menyatakan bahwa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara selalu ada kesepakatan-kesepakatan yang mungkin dalam bentuk aturan, yang harus dijadikan pedoman sebagaimana definisi dalam matematika. Apabila nilai-nilai taat azas dan konsistensi dalam matematika sudah tertanam pada peserta didik, maka taat azas, taat peraturan, dan disiplin akan tertanam dalam jiwa. Sifat postulational matematika bermanfaat bagi ketaatan atas nilai-nilai kehidupan yang telah diangkat sebagai suatu keyakinan. Apabila orang sudah menetapkan (dengan keyakinan) suatu agama yang akan dipeluknya, maka ia akan taat atas semua ajaran agamanya. Akibatnya, ia akan menjadi orang yang taqwa dan berakhlak mulia menurut agamanya. Prof. Dr. Hardi Suyitno, M.Pd. merupakan guru besar ketiga di Jurusan Matematika Unnes setelah Prof. Drs. H.A. Malik (alm) dan Prof. Dr. Y.L. Sukestiyarno, M.S.

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.

7 Responses to “Ingat Asimtoot Pacaran”, Saran Prof. Hardi pada Mahasiswa

  1. Mulyono says:

    Selamat, Pak Hardi. Semoga banyak dosen-dosen matematika yang segera menyusul menjadi profesor.

  2. riza says:

    Selamat dan Sukses untk Prof. Dr. H. Hardi Suyitno, M.Pd. semoga bisa menguatkan jurusan matematika untuk lebih baik dan lebih baik lagi.

  3. khairun says:

    selamat pak hardi, saya sebagai mahasiswa sangat berbangga dan menantikan kiprah bapak di dunia pendidikan khususnya unnes tercinta

  4. sulastri says:

    selamt pak hardi . Smoga tambaah sukses selalu..

  5. news says:

    Thanks Brianto get a great tip, also non-developers including myself can pull this particular off of: )This is actually essential the multi-international web site with regards to WEB OPTIMIZATION.

  6. website says:

    Take one more step Churchill When you meet obstacles along the way, there could be the tendency to quit.

  7. then says:

    wheat germ oil and skin care

Form Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *