Perpustakaan

Perpustakaan Jurusan Matematika adalah salah satu jenis dari Perpustakaan Perguruan Tinggi yang ruang lingkupnya untuk Dosen, Karyawan dan Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA – UNNES. Sistem sirkulasi pada Perpustakaan Jurusan Matematika adalah sistem pinjam terbuka / open access. Suatu cara pinjam yang memungkinkan pengguna untuk masuk ke ruang koleksi untuk memilih, mengambil sendiri koleksi yang sesuai.

Perpustakaan Jurusan Matematika dapat dikatakan sebagai salah satu jenis perpustakaan digital, dikarenakan proses sirkulasinya sudah menggunakan suatu program komputer yaitu dengan Visual Basic. Program ini dibuat oleh salah satu mahasiswa DIII Staterkom sebagai laporan tugas akhirnya.

Proses Peminjaman di Perpustakaan Jurusan Matematika dengan menunjukkan kartu anggota, seorang calon peminjam menyerahkan kartu anggota dengan buku yang akan dipinjam kepada petugas/pustakawan, kemudian bahan pustaka yang akan dipinjam akan diinput ke dalam komputer melalui program perpustakaan dengan transaksi peminjaman. Waktu peminjaman 2 minggu dan dapat diperpanjang sekali dengan waktu yang sama yaitu 2 minggu. Kartu dan buku yang di pinjam akan dicap tanggal harus kembali. Proses Pengembalian di Perpustakaan Jurusan Matematika adalah sama seperti ketika akan melakukan peminjaman. Yaitu menyerahkan kembali buku yang di pinjam bersama kartu keanggotaan. Apabila terjadi keterlambatan maka akan dikenakan sanksi membayar denda sesuai dengan lamanya anda terlambat mengembalikan buku. Per hari Rp.100 untuk 1 buku.

Pengunjung perpustakaan jurusan matematika dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Sebagai bahan pertimbangan ketika masih di D10 lt.2 rata-rata perminggu hanya 10-15 orang.Sekarang sejak di D2.Lt2 rata-rata perminggu bisa mencapai 150-350. Selain itu fasilitas di Perpustakaan Jurusan Matematikapun semakin maju. Ruangan sudah berAC, Memiliki meja sirkulasi yang sangat bagus, rak buku yang tersusun rapi dan sama bentuk, ruangan yang sedikit lebih luas karena telah memiliki ruangan baca sendiri, koleksi buku yang semakin banyak dan baru, tersedia juga jurnal, dan encylopedia baik mathematical maupun yang statistical sudah tersedia.

Apabila dilihat dari daftar pengunjung, ternyata tidak hanya mahasiswa jurusan matematika.akan tetapi jurusan lain seperti mahasiswa kimia, fisika pun ada.bahkan beda fakultas juga ada seperti fakultas ekonomi dan teknik baik itu dari Universitas Negeri Semarang itu sendiri maupun dari universitas lain baik program S1 dan S2. Itulah salah satu kebanggaan perpustakaan jurusan matematika yang dari dulunya kurang terjamah oleh mahasiswa dengan alasan jauh dan sering tutup sekarang perpustakaan bahkan seperti tempat yang wajib untuk di kunjungi terutama mahasiswa jurusan matematika itu sendiri.

Jam pelayanan perpustakaan Jurusan Matematika adalah sebagai berikut.

  • Hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB, istirahat pukul 12.00 s.d. 13.00 WIB;
  • Hari Jumat pukul 08.00 – 14.30 WIB, istirahat pukul 11.00 – 13.00 WIB;
  • Hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional tidak ada pelayanan.

Dalam perkembangannya dari tahun ke tahun perpustakaan jurusan matematika berusaha untuk meningkatkan mutu dan pelayanannya. Salah satunya adalah dengan memperbaharui program pelayanannya yang telah berjalan saat ini dengan sistem barcode dengan tetap menggunakan visual basic, selain pengadaan buku yang selalu di lakukan.