Aprilia Nurul Chasanah, dkk Raih Gelar “The Best Research Display”

Aprilia Nurul Chasanah (Matematika 2008) dan dua anggota lainnya yaitu Achmad Fauzan (Matematika 2009) dan Umarudin (Biologi 2008), mendapatkan penghargaan sebagai The Best Research Display pada puncak kegiatan National Research & Scholarship Exhibition (Narration) 2011 di Universitas Indonesia, Jakarta pada tanggal 16 April 2011. Narration merupakan sebuah program unggulan dari KSM Eka Prasetya UI, sebuah UKM yang bergerak di bidang keilmuan. Tahun 2011 ini merupakan edisi pertama penyelenggaraan kegiatan ini. Narration terdiri atas dua rangkaian acara, yaitu seminar serta pameran beasiswa dan riset pada Sabtu, 16 April 2011. Seminar nasional bertemakan “Boosting Your Research Passion” dilaksanakan di Auditorium Fakultas Teknik Universitas Indonesia dengan pembicara Ari  Trypurbayanto (Juara PIMNAS 2009, wirausahawan muda, technopreneur bunga rosella), Dr. Ir. Ugay Sugarmansyah (Direktur Pusat Pengkajian Kebijakan Inovasi Teknologi BPPT RI) dan Dr. Ing. Eko Adhi Setiawan (penemu charger telepon seluler nirkabel). Adapun pameran riset dan beasiswa nasional terpusat di Balairung Universitas Indonesia, Depok.

Kegiatan ini diawali dengan kompetisi riset nasional yang diikuti oleh 45 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia, diantaranya; Universitas Indonesia, Universitas Syiah Kuala, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Semarang, dan banyak perguruan tinggi ternama lainnya dengan jumlah peserta mencapai 236 tim. Pada pameran riset, terpilih 10 riset sains dan 6 riset sosial finalis dari 9 perguruan tinggi.

Daftar 9 Perguruan Tinggi yang masuk final

1.      Universitas Indonesia

2.      Universitas Brawijaya

3.      Universitas Gajah Mada

4.      Institut Teknologi Bandung

5.      Institut Teknologi Surabaya

6.      Institut Pertanian Bogor

7. Universitas Negeri Semarang

8.      Universitas Negeri Surabaya

9.      Universitas Syiah Kuala

Para finalis menampilkan riset mereka di hadapan para pengunjung Narration 2011 dan tiga dewan juri, yakni Dr. Ir. Heri Hermansyah (Peneliti Terbaik UI 2010), Puspa Kriselina, S. H, LL. M (Direktorat Kemitraan dan Inkubator Bisnis UI), serta Dr. Ir. Adawiah, M. Si (Kementerian Riset dan Teknologi RI).

Acara pameran dan final kompetisi riset Narration 2011 dibuka pada pukul 08.45 WIB oleh Dr. Yasman, M. Sc (Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI) diikuti pemutaran TVC dari PT. Pertamina (Persero), VivaNews, dan Berita Satu sebagai sponsor dan Media Partner Narration 2011. Acara dilanjutkan dengan presentasi babak final kompetisi riset nasional hingga pukul 16.30 WIB. Sebagai selingan, pada pukul 11.00 WIB diadakan talkshow bertajuk “Achieving Scholarship” dengan moderator Rully Prasetya (Mahasiswa Berprestasi Utama FE UI 2011) serta pembicara Muchdlir Jauhari, S. E (Mahasiswa Berprestasi Nasional 2009) dan Dyan Ganetra, M. Sc (Erasmus Mundus Representative in Indonesia). Selain itu, ada juga pemberian 5 paket doorprize dari PT. Pertamina (Persero) pada sesi siang sebelum break dan sesi sore menjelang pengumuman pemenang kompetisi riset.

Pameran riset ini dihadiri banyak pengunjung, baik dari dalam maupun luar universitas Indonesia. Hampir seluruh pengunjung yang datang menyatakan kekaguman akan kreativitas dan inovasi para finalis yang memang benar- benar menampilkan olahan terbaiknya dalam menarik minat dan rasa ingin tahu siapapun yang melihatnya. Setelah melaksanakan presentasi di hadapan ratusan pengunjung dan dewan juri, akhirnya diumumkanlah para pemuncak kompetisi riset Narration 2011 pada pukul 17.30 WIB. Untuk kategori sains, gelar juara direbut oleh riset “Kosmetik Anti Ketombe Berteknologi Fotokalisis yang Ramah Lingkungan dengan Menggunakan Komposit N-TiO2” (Universitas Indonesia) dan “Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang untuk Pemurnian Minyak Jelantah” (Institut Teknologi Bandung). Sedangkan gelar juara kategori sosial berhasil diraih oleh riset “Pengadilan Lingkungan sebagai Solusi Penegakan Hukum Lingkungan di Indonesia” (Universitas Indonesia) dan “Optimalisasi Green Corporate Social Responsibility pada Swalayan; Studi terhadap Pelaksanaan Green Marketing pada Swalayan Lokal di Kota Yogyakarta)” (Universitas Gadjah Mada). Sangat  menariknya, kategori  The Best Research Display diraih oleh riset dengan judul “Kusedana sebagai Inovasi Penyimpan Buah dan Sayuran yang Ramah Lingkungan” (Universitas Negeri Semarang) untuk bidang sains, dan “Project of Sparing Paper in City (Prospaperity); Suatu Program Konservasi Lahan Hijau melalui Usaha Penghematan Kertas” (Institut Teknologi Bandung untuk Kategori sosial. Total hadiah yang diberikan oleh Narration 2011 ini sendiri adalah Rp. 10.000.000,- yang dipersembahkan oleh PT. Pertamina (Persero).

Sebuah kesyukuran dari tim Universitas Negeri Semarang berhasil mendapatkan prestasi  pada kompetisi tersebut. Tim dari Unnes yang diketuai oleh Aprilia Nurul Chasanah (Matematika 2008) dan dua anggota lainnya yaitu Achmad Fauzan (Matematika 2009) dan Umarudin (Biologi 2008). Semoga pengalaman dan pembelajaran yang luar biasa ini akan senantiasa menjadi pijakan untuk terus berkarya di lingkungan akademik ini. Semangat berkarya tuk Unnes tercinta

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.

5 Responses to Aprilia Nurul Chasanah, dkk Raih Gelar “The Best Research Display”

  1. farida says:

    ayo…tumbuhkembangkan aprilia aprilia yang lain di jur mat….
    sukses selalu buat kakak2 dan temen2 matematika…
    jayalah jurusan matematika kita….:)

  2. a212 says:

    Selamat buat nurul……..semoga tambah jaya jurusan matematika…..raih prestasi….

  3. Farah Diba says:

    selamat buat mbak nurul sm fauzan ya,, oh ya buat mas Umarudin jg wes (padahal blm kenal)hihihi..
    terus harumkan nama jurusan matematika unnes!

  4. khairun says:

    selamat ya buat para juara, semoga dapat ditularkan ilmu dan pengalamannya kepada para mahasiswa lain

  5. Tri utami K P says:

    Selamat atas penghargaan sebagai The Best Research Display pada puncak kegiatan National Research & Scholarship Exhibition (Narration) 2011 di Universitas Indonesia, Jakarta pada tanggal 16 April 2011.

Form Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *