Berita dari Asian Pasific Leadership Program (APL) 2015

Gambar 1. Pembukaan Asia Pacific Leaders

Nurseto adalah mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang merupakan satu dari 7 mahasiswa yang menjadi delegasi Unnes dalam ajang Asian Pacific Leadership (APL) tahun 2015 yang dilaksanakan di Hongkong. Berikut laporan yang dibuat oleh Nurseto dari lokasi APL 2015.

Hong Kong Polytechnic University yang sering di sebut PolyU menempati ranking 27 di Asia dan ranking 162 di dunia berdasarkan TOPUNIVERSITIES Rankings. Di kampus yang berada di pusat kota, Hung Hom, Kowloon, Hong Kong ini saya diberi kesempatan untuk mengikuti kuliah 6 sks selama 26 hari (6 Juli – 31 Juli 2015) di Faculty of Business dengan dua mata kuliah yaitu Entrepreneuship dan Managerial Leadership dalam Education Program yang diselenggarakan oleh Asia Pacific Leaders. Banyak sekali pengalaman berharga yang saya dapatkan disana.

Asia Pacific Leaders 2015 Education Program ini diikuti oleh sekitar 35 pemuda dari berbagai negara di Asia Pasifik. Hidup bersama selama 26 hari di PolyU Student Halls Of Residence, yaitu asrama mahasiswa PolyU memberikan saya kesempatan untuk melatih kemampuan bahasa inggris saya dengan berkomunikasi dengan teman-teman dari negara lain. Selain bahasa inggris, saya juga mendapatkan pengetahuan mengenai bahasa lain seperti Cantonese, Bahasa Thailand, Tagalog dan lain-lain.

Hal yang menarik adalah program ini diadakan tepat saat bulan Ramadhan sehingga saya tetap berpuasa selama 12 hari disana. Selain itu, disana juga tersedia Halal Certified Canteen yang menyediakan menu khas India seperti Nasi Biryani, Kebab, Kari dan lain-lain sehingga saya dapat makan dengan makanan halal. Di sana pun ada Masjid yang berada sekitar 30 menit perjalanan dengan berjalanan kaki dan menggunakan MTR (Mass Transit Railway) yaitu Kowloon Islamic Center.

Gambar 2. Suasana Presentasi Business Plan di kelas Entrepreneurship

Perkuliahan diadakan setiap hari Senin – Jumat pukul 09.30 – 12.30 dan 14.30 – 17.30 waktu Hong Kong yang memiliki perbedaan 1 jam lebih cepat dari Indonesia. Setiap hari kami berjalan kaki dari Student Halls sekitar 10 menit untuk menuju ke kampus. Perkuliahan Entrepreneurship di ajar oleh Dr. Stephen Ko dan Managerial Leadership oleh Dr. MAK Wai-Ming. Perkuliahan diadakan dengan model Active-Learning dan Games yang menyenangkan. Salah satu materi yang menarik bagi saya adalah Fish Banks Simulation yang mengajarkan kita tentang bagaimana suatu perusahaan perikanan me-manage perusahaannya agar bisnisnya tetap survive dengan memperhatikan kondisi lingkungannya (kelestarian populasi ikan). Selain model belajar yang menyenangkan, fasilitas kelas yang tersedia pun sangat mendukung pembelajaran. Setiap kelas memiliki design yang berbeda, untuk pembelajaran diskusi kelompok, tersedia ruangan dengan meja dan kursi yang di tata berkelompok, untuk pembelajaran model seminar, tempat duduk seperti di stadion dan semua kelas menyediakan microphone dan sound system yang baik sehingga materi perkuliahan dapat tersampaikan dengan jelas dan menarik.

Selain perkuliahan, program ini juga menyediakan program lain seperti Company Visit, Cultural Immersion, CEO Sharing dan lain lain sebagai berikut:

  1. CEO Sharing. Dialogue with CEO of Hong Kong Airlines. Kami diberi waktu untuk berdialog dengan Mr. Stanley Kan mengenai bagaimana mereka membangun kesuksesan maskapai baru Hong Kong Airlines yang harus berhadapan dengan beberapa maskapai yang sudah terkenal seperti Cathay, Dragon Air dan lainnya.
  2. Company Visit ke Prologue Limited yaitu perusahan yang bergerak di bidang edukasi online dan training course. Tommie Lo yang merupakan CEO dari Prologue Limit membagi pengalamannya bagaimana dia membangun perusahaan ini dari pertama.
  3. Cultural Immersion ke Hong Kong Heritage Museum. Disana kami dapat mengetahui budaya dan sejarah Hong Kong. Salah satu yang menarik bagi saya adalah Cantonese Opera.
  4. Company Visit oleh 依時美妝easymz.com yaitu perusahan kosmetik di Hong Kong .
  5. Company Visit oleh Noel Lo Gem and Jewelry Company.
  6. PolyYES 2015 (PolyYouth Entrepreneurship Symposium 2015) yang merupakan kompetisi business plan yang diikuti pelajar dari Hong Kong dan Mainland China. Dalam acara tersebut kami mengenalkan diri kami di hadapan para peserta dan menjadi LO (Liaison Officer) pada Networking Lunch. Pengalaman menarik yang saya dapatkan adalah berinteraksi dengan sekelompok pelajar dari China yang berusia sekitar 15-20 tahun. Mereka banyak bertanya tentang Indonesia kepada saya seperti tentang gempa yang terjadi di Aceh dan juga tentang pengalaman saya mengikuti Asia Pacific Leaders.
  7. Company Visit ke New China Laundry Company
  8. Company Visit ke Re:echo Company yang merupakan perusahan yang memproduksi pakaian dan perlengkapan traveling dan mendaki gunung seperti Sleeping Bag dan lainnya.
  9. dan lainnya

APL 2015 benar-benar program menarik yang memberikan saya banyak pengalaman berharga dan tentunya saya harap dapat saya aplikasikan untuk memajukan lingkungan di sekitar saya.

This entry was posted in Informasi, Mahasiswa, News and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Berita dari Asian Pasific Leadership Program (APL) 2015

  1. Gan says:

    Wah jadi tertarik mengikuti acara semacam ini

Form Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *