Berwirausaha, Membesarkan Lembaga melalui U-UJI Mebelika

Apakah semua SD/MI, SMP/MTs membutuhkan alat peraga matematika? Apakah penjualan alat peraga matematika bisa memberikan keuntungan?  Jawabnya jelas iya.  Ikutilah uraian berikut:

  1. KTSP menekankan pentingnya  media dalam pembelajaran
  2. Ketersediaan media pembelajaran  matematika yang sesuai dengan tuntutan kurikulum masih  sangat langka.
  3. Fakta di lapangan, mata pelajaran matematika  masih merupakan mata pelelajaran yang ditakuti oleh sebagian besar anak bangsa.
  4. Di Jateng terdapat 20.729 SD dan 2.607 SMP, semuanya memerlukan media pembelajaran matematika.

Dari uraian tersebut,  saya  yakin benar-benar dan benar-benar yakin  bahwa  Jawa Tengah merupakan pasar yang sangat potensial bagi pemasaran produk yang berupa media pembelajaran matematika, bahkan sangat menjanjikan memberikan keuntungan  yang besar.  Pengalaman dari U-UJI (Unit Usaha Jasa & Industri)  “Mebelika” (Media Pembelajaran Matematika) UNNES, bahwa tiap paket media pembelajaran matematika  bisa memberikan keuntungan bersih Rp 500.000,00. Apabila setiap tahun bisa memasarkan ke 10% dari banyak SD dan SMP yang ada di Jawa Tengah  maka ada sekitar 2.400  paket media pembelajaran yang bisa dipasarkan,  jika tiap paket  memberikan keuntungan bersih sebesar Rp 500.000,00 maka tiap tahun akan mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 1.200.000.000,00 (lha… akeh to…)  mulo ayo do digarap sing tenanan.  Ini akan melebihi pendapatan UPT PAU UNNES lho… .Bagaimanakah kiat U-UJI Mebelika UNNES bisa eksis selama tiga tahun, bacalah di halaman unduh. (Sugiarto, Dosen Matematika, Direktur U-UJI Mebelika 2008-2010)

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.

Form Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *