FESTIVAL FILM MATEMATIKA 2013

Semarang, matematika.unnes.ac.id. Selasa tanggal 25 Juni 2013, mulai pukul 8.00 sampai dengan pukul 12.00, dua dari tiga rombel mata kuliah Workshop Pendidikan Matematika 3 menggelar Festifal Film Matematika (FFM) untuk pertama kalinya. Acara tersebut digelar dalam rangka menampilkan sekaligus memberikan penghargaan terhadap hasil karya mahasiswa dalam produksi film pendidikan matematika yang menjadi salah satu tugas mahasiswa dalam mata kuliah tersebut.

Disaksikan oleh puluhan mahasiswa dan beberapa dosen jurusan matematika, acara yang dilaksanakan di Gedung D10 lantai 3 ini dipandu oleh Riyanto dan memutar 8 film pendek bertema aplikasi matematika di lingkungan kampus Unnes. Selama pemutaran film, disamping menulis komentar dan masukan tentang masing-masing film yang diputar, penonton juga diberi kesempatan untuk menentukan pilihan film terfavorit, pemeran terfavorit, dan beberapa kategori lainnya.

Menurut Adi Nur Cahyono, salah satu dosen pengampu mata kuliah tersebut, sebenarnya konsep awalnya adalah presentasi dan penilaian/ tes akhir proses dan hasil produksi film pendidikan matematika, namun dalam pelaksanaanya peserta mata kuliah ini memodifikasi kegiatan tersebut menjadi acara Festifal Film Matematika. Beberapa dari mereka berperan sebagai Event Organizer secara sukarela. Semester ini, melalui mata kuliah pilihan tersebut dihasilkan 12 judul film, 4 diantaranya telah ditampilkan beberapa hari sebelumnya.

“Gara-gara Bus Kampus” terpilih sebagai film terbaik pilihan penonton unggul dari “Learning in Paradise” dan beberapa nominator lainnya. “Graphistry” dan “Bagai semangat di ujung tanduk” memperoleh suara yang sama dalam kategori naskah terbaik pilihan penonton. Yoga dan Nia terpilih sebagai pemeran pria dan wanita terbaik pilihan penonton.

Berikut ini hasil voting selengkapnya: “Gara-gara Bus Kampus” sebagai film dengan grafis terbaik dan juga tata suara terbaik, Budi dalam “Learning in Paradise” sebagai cameramen terbaik, Wiwit dalam “Graphistry” sebagai narator terbaik, desy dalam “gara-gara Bus kampus sebagai pemeran figuran terbaik, dan “Pocket Love” sebagai film terlucu pilihan penonton. Di waktu yang terpisah, juga diputar 4 film lainnya, diantaranya adalah “Ada banyak Cara dekat dengan Bunga”.

Harapannya, acara tersebut dapat dilanjutkan dan dikembangkan di waktu yang akan datang. Semoga melalui produksi film pendidikan matematika dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dengan mengembangkan media pendidikan matematika, yang bermanfaat baik di dalam kelas secara formal maupun sebagai salah satu program TV pendidikan. Dan juga bermanfaat untuk menyalurkan aspirasi dan saran terhadap permasalahan nyata yang dapat dipecahkan dengan menggunakan matematika dan dikemas dalam bentuk hiburan. Produk-produk hasil workshop pendidikan matematika 3 tersedia di Ruang Multimedia Laboratorium Matematika Unnes.

This entry was posted in Kegiatan Jurusan Matematika. Bookmark the permalink.

2 Responses to FESTIVAL FILM MATEMATIKA 2013

  1. aprilia nurul says:

    Jadi ingin melihat filmnya….

  2. rohabi says:

    Saran; Mohon untuk kompetisi yang akan datang, filmnya bisa dipublikasikan di youtube. Bagi yang tidak berkesempayan hadir bisa ikut menyaksikan. Terimakasih, semoga bermanfaat.

    Jayalah Matematika Unnes.

Form Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *