Hasil Kontes Literasi Matematika (KLM) dan Semiloka PMRI-PISA Tingkat Jawa Tengah

Pada hari Sabtu, 29 September 2012 telah dilaksanakan KLM Tingkat Jawa Tengah yang diikuti oleh 100 siswa SMP/MTs dari berbagai daerah di  Jawa Tengah. Setelah melalui penilaian yang ketat dan sangat teliti pada babak penyisihan, babak semi final dan presentasi di hadapan Dewan Juri Adi Nur Cahyono, S.Pd, M.Pd. dkk. pada babak final, dengan hasil skor kontes yang sangat bersaing ketat diputuskan urutan juara sbb;

Juara I: Michael Agung N. (SMP Karangturi Semarang)

Juara II: Christofel Rio Gunawan (SMP Kristen Tritunggal Semarang)

Juara III: Eliora Violain Buyamin (SMP Kristen Tritunggal Semarang)

Foto Juara KLM bersama Dewan Juri & Panitia

Juara I, II, dan III berhak mendapatkan hadiah uang pembinaan dan trophy. Sedangkan Juara I berhak melenggang ke Grand  Final KLM tingkat Nasional di Yogyakarta atau di Bandung pada tanggal 19-20 Oktober 2012. Menurut Ketua Panitia KLM dan Semiloka, Dr. Wardono, M.Si., KLM bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi (memelekkan) matematika siswa yang mengacu pada penilaian PISA (Programme International for Student Assessment).

Pada kegiatan KLM dan Semiloka PMRI-PISA itu juga telah dilaksanakan semiloka PMRI-PISA dengan pembicara sbb:

Pembicara I: Dr. Rahmah Johar, M.Pd dari Universitas Syiah Kuala Aceh menyajikan materi “Domain Soal PISA Untuk Matematika”

Pembicara II: Dr. Sc. Mariani, M.Si  (UNNES) menyajikan materi” Soal Baku PISA berbasis PMRI”

Pembicara III: Dr. Wardono, M.Si (UNNES) dan Melda (IP-PMRI Pusat Bandung)  menyajikan materi “Perancangan Kegiatan Pembelajaran Matematika  Berstandar PMRI Bermuatan Pendikar dengan Penilaian Serupa PISA”

Semiloka diikuti oleh 263 orang, terdiri dari guru-guru  SMP/MTs, SMK, SMA, SD  dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan diikuti pula oleh Dosen, Mahasiswa S2, S1, D3 UNNES. Semiloka PMRI-PISA bertujuan untuk meningkatkan wawasan guru dan calon pendidik terhadap PISA dan inovasi pembelajaran matematika PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Demikian berita yang disampaikan oleh Ketua Panitia.

This entry was posted in Informasi, Kegiatan Jurusan Matematika and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Hasil Kontes Literasi Matematika (KLM) dan Semiloka PMRI-PISA Tingkat Jawa Tengah

  1. Wardono says:

    Selamat untuk sang Juara yang sudah belajar dan berusaha keras untuk menang pada KLM. Semoga KLM dan Semiloka bermanfaat untuk peningkatan skore PISA Matematika Indonesia dan dapat menambah wawasan guru dan calon guru tentang PMRI PISA terutama tentang Domain PISA agar konten matematika dalam pembelajaran matematika tidak salah domainnya. Tks.

Form Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *