JURNAL BARU UNTUK MAHASISWA

Sebagai tindakan nyata dari sikap responsif perguruan tingggi berkenaan dengan Surat Edaran Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 152/E/T/2012 tentang publikasi karya Ilmiah, melalui Surat Edaran Pembantu Rektor Bidang Akademik Nomor 1662/UN37/PP/2012 Unnes akan memfasilitasi pembuatan Jurnal Elektronik pada masing-masing prodi, minimal satu prodi satu jurnal dilaur jurnal ilmiah yang dimiliki sekarang. Langkah awal tersebut diwujudkan dengan mengadakan Pelatihan dan Workshop Pengelolaan Manajemen E-Journal pada tanggal 13-14 Maret 2012 di Hotel Le Beringin Salatiga. Pada kegaiatan tersebut Jurusan Matematika mendelegasikan tim pengembang jurnalnya yang diwakili oleh Hery Sutarto, S.Pd., M.Pd. dan Muhammad Kharis, S.Si., M.Sc.

Di dalam sambutannya, Drs Agus Wahyudin, M.Pd, selaku Pembantu Rektor Bidang Akademik mengatakan bahwa dalam waktu dekat Unnes akan menghasilkan kurang lebih 60 jurnal baru. Jumlah yang sangat fantastis. Dalam kesempatan lain ada ungkapan yang “menggelitik” dari peserta. “Unnes sedang membuat mesin penetas jurnal”.

Di dalam surat edaran, disebutkan pada point pertama bahwa untuk lulus program sarjana (S1) harus menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah. Untuk menampung karya ilmiah yang dihasilkan mahasiswa Matematika yang jumlahnya cukup banyak setiap tahunnya maka perlu di persiapkan jurnal tersebut. Rancangan nama jurnal untuk prodi Pendidikan Matematika adalah Unnes Journal Mathematics of Education (UJME), sedangkan Unnes Journal of Mathematics (UJM) dipersiapkan sebagai jurnal pada prodi Matematika.

Ketika seekor bebek menetaskan  beberapa telornya, ada beberapa kemungkinan yang terjadi yaitu menetas menjadi itik dan menjadi bebek besar pada saatnya nanti. Ada juga yang gagal menentas atau menjadi telur busuk. Semoga jurnal Jurusan Matematika tersebut akan menjadi jurnal besar pada saatnya nanti. Mohon doa restu dan dukungan dari semua sivitas Jurusan Matematika.

This entry was posted in Mahasiswa, Pengumuman. Bookmark the permalink.

4 Responses to JURNAL BARU UNTUK MAHASISWA

  1. ihsan says:

    wah..keren nih.. ^_^

  2. Dian says:

    Aminn … n_n
    Semangat …

  3. Mungkin “Unnes Journal of Mathematics Education” ya, pak…

  4. aprilia nurul says:

    Memberikan motivasi untuk para civitas Jurusan Matematika. Semoga segera terbit dan dapat menjadi sumber referensi…

Form Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *