Mahasiswa Matematika UNNES Raih Juara III Technopreneurship Pemuda Kemenristek 2011

Tiga mahasiswa  Matematika UNNES meraih juara III dalam Lomba Inovasi Pemuda untuk Kesehjateraan Rakyat  atau Lomba Technopreneur Pemuda yang diselenggarakan oleh Kemenristek kerjasama dengan Universitas Ciputra Technopreneur. Tim tersebut terdiri dari Ali Shodikin (Pend. Matematika 2007), Achmad Fauzan (Pend.Matematika 2009) dan Budi Prasetiyo (Matematika 2006) dengan produk unggulan GEMATOP (Get Maling Laptop) sebuah aplikasi pelacak laptop hilang yang menampilkan foto si pencuri, peta geo-lokasi dan data lainnya.  Kegiatan yang berlangsung mulai  tanggal 18 sampai 29 Juli ini bertempat di PUSPITEK (Pusat Penelitian dan Teknologi) Serpong dan diikuti oleh berbagai Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Asisten Deputi Iptek Industri Kecil dan Menengah, Santosa Yudo melaporkan, Panitia Lomba Technopreneurship Pemuda tahun 2011 telah menerima sebanyak 321 proposal dan diseleksi dalam beberapa tahapan  hingga menyisakan  27 tim kemudian dilombakan untuk diperoleh terbaik I, II, III dan harapan I.

“Tim Juri seleksi lomba technopreneurship pemuda ini terdiri dari perwakilan dari Kemenko Perekonomian, Kemenristek, Kemenperin, Kemendiknas, Kemenpora, Kemen KUKM, Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC), dan Praktisi Inovasi”, ujar Santosa Yudo.

Selain berkompetisi, selama kegiatan berlangsung diadakan pula gelar pelatihan technopreneurship bagi para peserta lomba. Selanjutnya para juara akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti serangkaian acara puncak HAKTEKNAS (Hari Kebangkitan Teknologi Nasional) pada Agustus mendatang di PUSPITEK Serpong. Dengan dilaksanakannya lomba ini diharapkan tumbuh dan berkembangnya IKM baru berbasis iptek yang dipelopori pemuda untuk mendorong peningkatan perekonomian daerah.

Berikut ini adalah urutan Terbaik I, II dan III Technopreneurship Pemuda 2011.

Terbaik I Universitas Brawijaya (UB)

Terbaik II Institut Teknologi Surabaya (ITS)

Terbaik III Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Sementara, satu minggu sebelumnya dua mahasiswa matematika juga meraih medali dalam ajang PIMNAS XXIV yang diselenggarakan di Universitas Hasanudin (UNHAS) Makassar 17-23 Juli 2011. Peraih medali Perunggu Budi Prasetiyo,dkk peraih medali Perak sekaligus tim Favorit diraih Rizky Purwocaroko,dkk. Dengan meraih total 7 medali kini UNNES kembali menorehkan prestasi sebagai Juara Umum 3 Nasional setelah UGM dan ITS. [Berita serupa di laman Unnes]

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.

Form Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *