Membangun Learning Communty di Jurusan Matematika FMIPA Unnes

Foto Lesson Study

Saling diskusi dalam pembelajaran kolaboratif tidaklah penting, yang lebih penting adalah “saling belajar” dan “membangun hubungan saling mendengarkan”.Hubungan ‘saling belajar”  sebagai “hubungan penuh ketulusan”. Itulah salah satu diskusi dalam pertemuan di Jurusan Matematika FMIPA Unnes yang dihadiri oleh bapak/ibu dosen. Pertemuan tersebut salah satunya dalam rangka mempersiapkan perkuliahan semester genap tahun 2013/2014 yang akan dimulai Bulan Maret 2014.

Kegiatan tersebut  di pandu oleh DR. Iwan Junaedi, yang membagi pengalamannya setelah mengikuti kegiatan Short Term Training on Lesson Study (STOLS) for Institutes of Teachers and Education Personal ( ITTEP) di Jepang.

Yang menarik dari kegiatan tersebut adalah bagaimana membangun Learning Community melalui Collaborative Learning.  Karena menurut Drs. Suhito, M. Pd, kita tidak mungkin membangun budaya Indonesia dengan budaya Jepang. Kekhawatiran Drs. Suhito, M. Pd, di jawab oleh Dr. Rochmatdan Drs. M. Chotim, M. Si, bahwa kita dapat membangun budaya akademik melalui budaya kita sendiri. Diskusi tersebut di tanggapi oleh Dr. Iwan Junaedi, dengan mengatakan bahwa jika Lesson Study hanya dilakukan  sebagai ritual Plan-Do-See, maka sudah barang tentu Lesson Study akan lenyap, tetapi memahami,  berbuat (doing), saling belajar dan membangun hubungan saling mendengarkan sebagai esensi dari Learning Community menjadi lebih penting.

This entry was posted in Informasi, Kegiatan Jurusan Matematika and tagged . Bookmark the permalink.

Form Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *