Pelatihan Pemanfaatan The Geometers’s Sketchpad

Semarang, 27 Oktober 2011. Pelatihan Pemanfaatan The Geometers’s Sketchpad dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 26 Oktober 2011, merupakan salah satu kegiatan pada pertemuan rutin Project Math Club (PMC)  bertempat  di Laboratorium Matematika FMIPA Unnes. Pelatihan tersebut disambut baik oleh mahasiswa, terbukti dengan penuhnya ruang pelatihan. Hery Sutarto, selaku pemandu dalam pelatihan tersebut mengawali dengan menyajikan apa yang disebut sebagai discrepan problem berupa suatu teorema “semua segitiga adalah segitiga sama kaki” dengan meminta kepada para peserta untuk melukiskan sembarang segitiga di papan tulis, yang kemudian penyaji dengan dedukis aksiomatik membuktikan bahwa segitiga tersebut segitiga samakaki. Aktivitas ini secara tidak langsung mengatakan, bahwa bukti formal (deduksi aksiomatik) walaupun menjadi  bukti yang paling sahih di dalam matematika, tetapi belum cukup kuat jika tidak didukung oleh gambar yang “benar” secara science.

Hal ini juga didasarkan pada tahapan-tahapan dalam problem pembuktian seharusnya melalui langkah-langkah sebagai berikut.

Deskriptif Geometry ► Geometric Construction ► observation ► Conjecture ► testing ► belief ► informal ekspalnation ► proof. (David. A,:49: 2001)

Dalam kegaiatan ini, juga ditunjukkan bahwa dynamic software ini lebih  powerfull dibandingkan apa yang disebut sebagai CD pembelajaran. Beliau menambahkan bahwa mengajar matematika tidak hanya mengajar teorema dan bukti, atau merumuskan suatu bukti dan memberikan kebenarannya, tetapi juga mengajarkan bagaimana mengorganisasikan, memahami materi, melakukan eksplorasi, latihan, merumuskan dan menyangkal rumusan, merumuskan dan membetulkan kesalahan, mendeteksi kesalahan, dan masih banyak lagi. Semua itu dapat diperoleh dengan bantuan dynamic software sebelum masuk ke bukti formal.

Sampai ketemu lagi dalam agenda PMC yang lain berupa pelatihan untuk pemanfaatn Dynamic software untuk dimensi tiga, yaitu Cabri 3D. (heri/ 0858 6267 1618)

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.

2 Responses to Pelatihan Pemanfaatan The Geometers’s Sketchpad

  1. Krida says:

    Alhamdulillah kemarin saya ikut pelatihan ini, saya jadi bisa tahu kegunaan geometer’s sketch pad lebih jauh, tidak hanya sekedar menggambar bidang saja. Semoga acara ini bisa terselenggara lagi dalam waktu dekat ini karena sangat bermanfaat. PMC really something…

  2. isnarto says:

    Saalam sukses untuk PMC, salam sukses untuk Pak Hery yang peduli untuk membimbing dan mendampingi …

Form Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *