Profil Jurusan

Visi dan Misi Jurusan Matematika Unnes

Visi Jurusan Matematika

Jurusan Matematika berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.

Misi Jurusan Matematika

a. Di Bidang Pendidikan
Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana matematika, sarjana pendidikan matematika dan tenaga siap latih di bidang statistika dan komputer, dengan kualifikasi:

  1. Mampu menjadi sarjana matematika atau matematikawan yang professional di bidangnya, bersikap dan bertindak sebagai ilmuwan bermoral Pancasila.
  2. Mampu menjadi tenaga terampil di bidang statistika terapan dan komputer, bersikap bertindak sebagai warga negara yang bermoral Pancasila.
  3. Mampu mengembangkan diri, tanggap, dan menyesuaikan diri terhadap perubahan dan kemajuan IPTEK di masa depan.
  4. Mampu mengikuti perkembangan IPTEK, khususnya yang menyangkut matematika untuk penerapannya dalam industri dan pendidikan matematika terhadap inovasi dan pergeseran paradigma di bidang pendidikan.
  5. Mampu bekerja di luar tugas yang berkaitan atau tidak berkaitan langsung dengan matematika dengan tetap menerapkan tata nalar matematis.
  6. Memiliki integritas dan kepribadian yang tinggi, bertanggung jawab, terbuka, dan berwawasan regional, nasional dan internasional.

b. Di Bidang Penelitian

  1. Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan matematika, matematika murni, serta statistika terapan dan komputer yang berorientasi kepada pengembangan ilmu dan teknologi serta untuk menjawab tantangan di dunia kerja dan kebutuhan pelanggan.
  2. Mampu menjadi salah satu pusat pendidikan matematika, matematika, serta statistika terapan dan komputer, yang mempunyai peran terhadap kemajuan matematika dan pendidikan matematika di Indonesia serta dikenal secara nasional maupun internasional.

c. Di Bidang Pengabdian kepada Masyarakat

  1. Bekerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta untuk mensosialisasikan manfaat matematika bagi perkembangan dunia industri dan teknologi.
  2. Bekerjasama dengan pemerintah, masyarakat dan sekolah-sekolah untuk bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan matematika melalui berbagai kegiatan pengabdian masyarakat.
  3. Bekerjasama dengan instansi pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam penerapan ilmu statistika dan komputer.
  4. Mengenalkan dan memanfaatkan prasarana/sarana produk penelitian pada masyarakat pemakai.
  5. Melaksanakan pelatihan masalah-masalah sosial yang berkaitan dengan pendidikan matematika, matematika, serta statistika terapan dan komputer kepada masyarakat yang membutuhkannya.

Program Studi

Jurusan Matematika Unnes terdiri dari 3 program studi (Prodi) yaitu:

  1. Prodi Pendidikan Matematika (S1)
  2. Prodi Matematika (S1)
  3. Prodi Statistika Terapan dan Komputasi (D3)