Program Studi Pendidikan Matematika (S1)

Program studi Pendidikan Matematika dipimpin oleh Koordinator Program studi, yaitu:

Drs. Arief Agoestanto, M.Si.
NIP 196807221993031005

 Visi Prodi Pendidikan Matematika

Program Studi yang Unggul, Bermakna, dan Bermartabat (UBER-BETA) pada tahun 2020

  • Unggul, adalah komitmen untuk menjadikan program studi Pendidikan Matematika FMIPA UNNES sebagai program studi yang terpandang di tingkat nasional yang menuju ke arah internasionalisasi dalam bidang kependidikan matematika serta dipercaya oleh masyarakat.
  • Bermakna, adalah komitmen untuk menjadikan program studi Pendidikan Matematika FMIPA UNNES sebagai program studi yang memiliki pandangan ke depan terhadap kemajuan bangsa dan negara di bidang pendidikan matematika, yang berwawasan pada kemajuan IPTEK dan mampu mengisi kebutuhan bangsa dan negara secara signifikan dan bermanfaat.
  • Bermartabat, merupakan komitmen untuk menjadikan program studi Pendidikan Matematika FMIPA UNNES sebagai program studi yang menghasilkan lulusan yang relegius, mencintai bangsa dan negara, bertanggungjawab, serta memiliki tekad dan pengabdian kepada bangsa dan negara melalui ranah pendidikan matematika.

Misi Prodi Pendidikan Matematika

Untuk mewujudkan visi, maka misi program studi Pendidikan Matematika FMIPA Unnes yaitu:

  1. Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran dengan inovasi-inovasi pembelajaran matematika berbasis pendidikan karakter dan teknologi agar dapat bersaing secara global.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian di bidang pendidikan matematika dan penerapannya yang berbasis pembelajaran inovatif, aplikatif, beretika, dan berwawasan konservasi.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan matematika yang berbasis konservasi terutama pada teknologi, dan keharmonisan lingkungan.
  4. Melaksanakan kerja sama  baik dengan lembaga dalam maupun luar negeri untuk mendukung konservasi.

Tujuan Prodi Pendidikan Matematika

  1. Menghasilkan lulusan dalam bidang Pendidikan Matematika yang profesional, mampu bersaing secara global, dan berakhlak mulia berwawasan konservasi.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dalam bidang Pendidikan Matematika yang berbasis pembelajaran inovatif, aplikatif, dan bersendikan kejujuran ilmiah berwawasan konservasi.
  3. Menyediakan layanan dan menjalin kerja sama dengan masyarakat di bidang pendidikan matematika yang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai nilai manfaat, serta dapat menciptakan keharmonisan lingkungan yang berwawasan konservasi.

Sasaran Program Studi Pendidikan Matematika

  1. Menghasilkan lulusan yang siap menjadi guru yang memiliki kompetensi profesional, pedagogi, sosial, kepribadian; mampu berbahasa Inggris,
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan riset di bidang pendidikan matematika berbasis konservasi.
  3. Menghasilkan karya riset tentang pendidikan matematika sebagai pemecahan persoalan terkini.
  4. Menghasilkan karya riset tentang pendidikan matematika terkait dengan multidisiplin berbasis konservasi.
  5. Mendapatkan pengakuan secara nasional melalui publikasi hasil riset pendidikan matematika
  6. Mendapatkan pengakuan secara nasional melalui pengamalan lapangan (pengabdian masyarakat) dari hasil riset bidang pendidikan matematika.