Sambung Rasa HIMATIKA dan Jurusan Matematika

Hapir seluruh Dosen Jurusan Matematika hadir di ruang seminar Jurusan Matematika, D10 289, pada hari Kamis, 7 Juni 2012 yang lalu. Tampak diantaranya adalah Ketua Jurusan, Sekretaris, Kepala Lab dan Ketua Program Studi di lingkungan Jurusan Matematika FMIPA Unnes. Rait wajah sumringah menunjukkan perasangan bahagia yang membuncah, karena hari itu para dosen bertemu langsung dengan mahasiswa dalam kegiatan Sambung Rasa Jurusan Matematika. Ibarat orang tua bertemu anak, dan ibarat dua sahabat yang lama tak bersua.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh HIMATIKA, Himpunan Mahasiswa Matematika, bertujuan untuk memperkuat tali silaturahim antara mahasiswa dan dosen di jurusan Matematika. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk menyampaikan keluhan terkait kegiatan akademik maupun non akademik yang dirasakan mahasiswa. Pun, dosen memiliki kesempatan untuk menjawab, memberi wejangan, dan bercanda gurau dengan mahasiswa.

Diskusi berjalan menarik. Diskusi diawali dengan membahas masalah fasilitas penunjang perkuliahan, diantaranya AC, Lampu, Ruang dan sebagainya, dan telah diselesaikan dengan baik oleh Kepala Laboratorium. Diskusi kemudian memasuki bahasan masalah akademik dan penunjang akademik, serupa dengan manajemen Web Matematika, Jadwal kuliah, dan informasi terkait. Beberapa telah dapat diselesaikan secara langsung, dan beberapa masalah lainnya akan diselesaikan melalui proses. Namun, hal ini tampaknya tak menjadi masalah untuk mahasiswa dan dosen.

Satu hal yang menjadi point utama adalah keberanian mahasiswa menyampaikan masalah dan keluhan secara ELEGAN. Tak banyak mahasiswa yang dapat melakukan ini. Seperti tampak di beberapa media, mahasiswa kerap kali mengumbar tindakan yang tak layak. Dan tampaknya ini SAMA SEKALI TAK TERJADI di mahasiswa Jurusan Matematika. Mahasiswa memilih bertemu langsung dengan sahabat, orang tua mereka untuk kemudian mecari solusi atas masalah.

Pertemuan itu diakhiri dengan satu tantangan dari Bapak Moch. Chotim untuk melakukan tanding futsal antara dosen dan mahasiswa. Satu lagi langkah maju untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif, telah terjadi di jurusan Matematika. JAYALAH MATEMATIKA, HIMATIKA JOZZ….

This entry was posted in Kegiatan Jurusan Matematika, Mahasiswa. Bookmark the permalink.

One Response to Sambung Rasa HIMATIKA dan Jurusan Matematika

  1. isnarto says:

    Dari kejauhan Bumi Siliwangi, terasa nuansa kehangatannya. Budaya komunikasi yang perlu ditradisikan. Jadi ingat ketika saat-saat yang lalu, mencermati ‘ungkapan hati’ mahasiswa, sambil memikirkan tanggapan yang konstruktif… Salam sukses untuk keluarga besar matematika Unnes…

Form Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *