Seleksi Mahasiswa Berprestasi Tahun 2011

Mahasiswa diharapkan tidak hanya menekuni ilmu dalam bidangnya saja, tetapi juga beraktivitas untuk mengembangkan soft skills-nya agar menjadi lulusan yang mandiri, penuh inisiatif, bekerja secara cermat, penuh tanggung jawab dan gigih. Kemampuan ini dapat mahasiswa peroleh dari pembekalan secara formal melalui kurikulum pembelajaran dan ko-kurikuler, serta ekstra kurikuler. Namun, tidak semua mahasiswa mau dan mampu untuk menjadi pembelajar yang sukses. Acapkali mahasiswa dengan nilai akademik yang tinggi belum memanfaatkan peluang untuk menggunakan waktunya dalam kegiatan ko-kurikuler dan ekstra kurikuler. Sebaliknya mahasiswa yang aktif dalam  organisasi  kemahasiswaan  dan  kegiatan  pengembangan  soft  skills tidak  memperoleh  nilai  akademik  yang  tinggi.  Sementara  itu,  dalam  era persaingan bebas dibutuhkan lulusan yang memiliki hard skills dan soft skills yang seimbang. Oleh karenanya di tiap perguruan tinggi perlu diidentifikasi mahasiswa  yang  dapat  melakukan  keduanya  dan  yang  terbaik  perlu  diberi penghargaan sebagai mahasiswa berprestasi. Sejalan dengan program pemerintah dalam pendidikan karakter, maka tema pemilihan Mapres tahun ini adalah “Mahasiswa Indonesia Cerdas dan Berkarakter.”

Sesuai dengan prosedur pemilihan mahasiswa berprestasi, seleksi awal dilakukan pada tiap-tiap jurusan untuk selanjutnya direkomendasikan untuk mengikuti agenda pemilihan mahasiswa berprestasi baik di tingkat fakultas maupun universitas.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merujuk pada kinerja individu mahasiswa yang  memenuhi  kriteria  pemilihan  dengan  menggunakan  beberapa  unsur, yaitu  prestasi  akademik  (Indeks  Prestasi  Kumulatif),  karya  tulis  ilmiah, kegiatan ko dan ekstrakurikuler, kemampuan berbahasa Inggris/Asing, dan kepribadian.

Unsur-unsur yang dinilai pada pemilihan di tingkat perguruan  tinggi adalah

1.   IP Kumulatif

2.   Kegiatan ko- dan ekstra-kurikuler

3.   Kegiatan Ilmiah Mahsiswa

Pendaftaran Mapres Jurusan Matematika dapat dilakukan dengan mengumpulkan borang [klik di sini] ke Sekretaris Jurusan Matematika paling lambat 11 April 2011.

Berikut tanggal-tanggal penting untuk seleksi mahasiswa berprestasi:

Tanggal Agenda
6 – 11 April 2011 Sosialisasi Mapres Jurusan Matematika
6 – 11 April 2011 Pendaftaran Mapres Jurusan Matematika
13 April 2011 Pengumuman hasil seleksi Mapres Jurusan Matematika
14 – 15 April 2011 Verifikasi berkas
18 – 22 April 2011 Pengiriman daftar calon Mapres dari jurusan untuk mengikuti tes tertulis bahasa inggris
26 April 2011 Tes tertulis bahasa inggris
28 April 2011 Pengiriman hasil seleksi tes tertulis bahasa inggris ke fakultas
2 – 13 Mei 2011 Seleksi Mapres tingkat fakultas
This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.

Form Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *