Informasi Beasiswa

Ada beberapa beasiswa yang ditawarkan saat mahasiswa menempuh studi di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang. Berikut ini beasiswa yang ditawarkan.

Beasiswa Bidik Misi

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik bagus namun memiliki keterbatasan ekonomi. Berbeda dengan beasiswa yang fokus pada pemberian penghargaan atau dukungan finansial kepada mereka yang berprestasi. Namun, persyaratan berprestasi di Bidikmisi ditujukan agar penerima Bidikmisi yang terpilih benar-benar memiliki potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Info Lebih Lanjut: Klik di sini

Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP- PPA)

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi berupaya mengalokasikan dana untuk memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya, dari awal kuliah hingga akhir. Mahasiswa penerima beasiswa BBP-PPA akan mendapatkan dana sebesar Rp 400.000 / bulan dan akan dibayarkan oleh Kemenristekdikti selama 1 semester (6 bulan) sebesar Rp 2.400.000. Biaya yang diberikan akan diterima langsung oleh penerima beasiswa.

Info Lebih Lanjut: Klik di sini

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa PPA disediakan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditujukan bagi mahasiswa yang sedang menjalani studi diploma dan sarjana di universitas negeri dan swasta di tanah air. Beasiswa ini ditujukan untuk membantu biaya pendidikan siswa demi kelancaran studinya dengan mendapatkan dana hibah sebesar Rp 400.000 per bulan. Beasiswa akan dibayarkan langsung selama 1 semester senilai Rp 2.400.000.

Info Lebih Lanjut: Klik di sini

Beasiswa Lazis Universitas Negeri Semarang

Jenis / Pilihan Beasiswa:

  • Beasiswa Reguler, seperti beasiswa biaya hidup bulanan, berlaku selama 6 bulan / 1 semester.
  • Beasiswa Bantuan Uang Sekolah (UKT), berupa bantuan sebesar 50% dari biaya masing-masing Uang Sekolah (UKT).
  • Beasiswa Tahfidz, seperti beasiswa biaya hidup bulanan dan pembayaran uang sekolah (UKT) dengan syarat telah menghafal Alquran minimal 20 Juz dan lulus hafalan dari LAZIS UNNES Charity House.

Info Lebih Lanjut: Klik di sini

Beasiswa lainnya

Beasiswa lainnya seperti Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Djarum Plus, Beasiswa dari Yayasan Dutch Van Deventer-Maas Stichting (VDMS), Beasiswa Afirmasi Papua, Beasiswa Supersemar, dan beasiswa lainnya dari beberapa BUMN atau lembaga lain.