Berprestasi hingga Akhir Studi

Tugas akhir atau skripsi bukanlah menjadi alasan bagi Galuh Ayu (Pendidikan Matematika, 2017) untuk tidak meraih prestasi. Pasalnya meski disibukkan dengan tugas akhir skripsi, terbukti Galuh Ayu dan tim yang beranggotakan Agung Adi Firdaus (Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 2017) dan Khoirul Taufiqi (Pendidikan Geografi, 2019) memperoleh juara 3 dalam Mathematic Paper Competition (MAPTION) yang diadakan IKAHIMATIKA Indonesia wilayah V dengan tema “Peran Matematika dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045” (7/3/2021).

Adapun karya paper yang dilombakan yakni mengenai inovasi media pembelajaran diberinama SIBIMA (Konsultasi Belajar Mandiri Bersama Kakak dengan Sistem Bahasa Isyarat) untuk siswa tunarungu. Dengan ide tersebut, Galuh berharap media pembelajaran tersebut memiliki manfaat yang besar bagi siswa disabilitas terkhusus tunarungu yang membutuhkan perhatian lebih terutama dalam masa pembelajaran di tengah pandemi saat ini.

Galuh mengaku mengalami sedikit kendala dalam mengikuti perlombaan tersebut, seperti 2 diantara anggota tim tersebut sama-sama disibukkan dengan tugas akhir skripsi, selain itu untuk persiapan presentasi dirasa kurang maksimal karena hampir bersamaan dengan sidang skripsi yang dijalaninya. Namun, Galuh dan tim tetap berusaha sebaik mungkin. “Alhamdulillah dimudahkan oleh Allah baik dalam sidang maupun perlombaan MAPTION. Untuk lulus 3,5 tahun itu sudah jadi cita-cita waktu masih maba, hanya saja tidak terlalu menargetkan yang terpenting adalah usaha, do’a, dan niat yang baik.” Tutur Galuh yang baru saja menyelesaikan sidang skripsi tanpa revisi. “Pesan saya, untuk adik-adik terutama yang masih awal semester, gunakanlah waktu sebaik mungkin. Karena waktu dan pengalaman tidak bisa terulang lagi, jadi berikan yang terbaik dan semaksimal yang kalian bisa. Selain itu tetap jadilah terbaik versi dirimu sendiri, karena setiap orang punya passionnya masing-masing. Jadi tetap yakin, semangat, usaha, serta do’a.

 

Penulis: Siti Nur Hidayati (4111419053)

3 thoughts on “Berprestasi hingga Akhir Studi”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

+ 80 = 90

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.