Program Studi Pendidikan Matematika

Akreditasi

A (Amat Baik)

Gelar Lulusan

Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Deskripsi

Program Studi Pendidikan Matematika merupakan salah satu dari tiga program studi yang ada di Departemen Matematika. Program studi ini menyelenggarakan pendidikan matematika dengan tujuan menghasilkan lulusan di bidang pendidikan matematika dengan kualifikasi Sarjana Pendidikan (S1) yang unggul, bermakna, dan bermartabat serta peka terhadap kelestarian lingkungan. Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika juga dibekali dengan keterampilan penelitian di bidang pendidikan matematika, keterampilan mengembangkan media pembelajaran matematika, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran matematika, kewirausahaan, dan kemampuan mengelola lembaga pendidikan.

Profil Lulusan

  1. Pendidik Matematika, Lulusan program studi pendidikan matematika dapat menjadi pendidik bidang matematika yang memahami peserta didik, menyelenggarakan pembelajaran matematika pendidikan, menguasai bidang keilmuan pendidikan matematika dan matematika serta berakhlak mulia.
  2. Peneliti bidang pendidikan matematika, Lulusan program studi pendidikan matematika dapat menjadi peneliti bidang pendidikan matematika sekolah yang mampu mengkaji permasalahan di bidang pendidikan matematika, mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah atau jurnal.
  3. Pengelola bidang pendidikan, Lulusan program studi pendidikan matematika dapat menjadi pengelola satuan pendidikan yang menguasai manajemen pendidikan.
  4. Seorang wirausaha berbasis pendidikan matematika, lulusan program pendidikan matematika dapat menjadi wirausaha yang memiliki kemampuan merancang, memproduksi, memasarkan barang dan jasa berdasarkan pendidikan matematika.

Deskripsi Perkuliahan
Selama mengikuti perkuliahan, mahasiswa menempuh 145 SKS yang selama 8 semester dengan subjek-subjek kuliah yang dipelajari meliputi kelompok bidang keahlian pendidikan yang terdiri dari kurikulum matematika sekolah dan pembelajarannya, pembelajaran kreatif dann inovatif, asesmen pembelajaran matematika, praktik pembelajaran berbasis teknologi, pengembangan media pembelajaran, penelitian pendidikan matematika, praktek pembelajaran di sekolah, kelompok bidang keahlian aljabar, analisis, statistika, dan komputasi. Pendekatan pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis pembelajaran kreatif inovatif dengan memanfaatkan teknologi komputasi dan informasi, serta berpusat pada mahasiswa.

Alamat Kantor

Program Studi Pendidikan Matematika
Jurusan Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Semarang
Gedung D7 lantai 1 FMIPA Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang
Kode Pos 50229.
Telepon/Faksimil: (024) 8508032
email : [email protected]