Informasi Penerimaan Mahasiswa

Universitas Negeri Semarang melakukan penerimaan mahasiswa setiap bulan September melalui beberapa jalur penerimaan mahasiswa. Untuk Jurusan Matematika yang meliputi Program Studi Pendidikan Matematika (S1), Program Studi Matematika (S1), dan Program Studi Statistika Komputasi dan Terapan (D3), terdapat tiga jalur yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) , dan Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES).

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

Kapasitas: S1 Pendidikan Matematika (63) and S1 Matematika (14)

Informasi lebih lanjut tersedia pada laman berikut.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

SBMPTN 2020 adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan portofolio calon mahasiswa. Sejak tahun 2019, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Peserta diperbolehkan mengikuti UTBK 2020 sebanyak satu kali.

Kapasitas: S1 Pendidikan Matematika (86) and S1 Matematika (18)

Informasi lebih lanjut tersedia pada laman berikut.

Seleksi Mandiri – Universitas Negeri Semarang (SM-Unnes)

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-Unnes) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang D3, S1, S2, S3, dan Profesi yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang dalam bentuk ujian tertulis dan/atau ujian keterampilan seni/olahraga. Pendaftaran dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan jalur penerimaan. Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) Jalur Prestasi adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang.  SM-UNNES Jalur Prestasi tahun akademik 2020/2021 diselenggarakan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang dan sebagai bentuk penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi luar biasa atau juara dalam bidang olahraga, seni, Olimpiade/lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan.

Kapasitas: S1 Pendidikan Matematika (63), S1 Matematika (13), dan D3 Statistika Terapan dan Komputasi (50).

Informasi lebih lanjut tersedia pada laman berikut.

https://penerimaan.unnes.ac.id/seleksi-mandiri/

International Class

Terkait dengan visi UNNES untuk menjadi universitas bereputasi Internasional, UNNES perlu mengembangkan model perkuliahan menggunakan kurikulum internasional. Pelaksanaan kerja sama internasional UNNES dengan mitra sering terhambat dengan tidak adanya kelas internasional. Pengajar asing tidak dapat mengajar di UNNES. Mahasiswa asing tidak dapat belajar di UNNES. Dual Degree atau Transfer Kredit dengan universitas luar negeri terhambat karena dokumen kurikulum UNNES belum ada yang tertuang dalam bahasa asing. Penguasaan bahasa Inggris dosen dan mahasiswa UNNES masih relatif rendah perlu adanya stimulan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris salah satunya dengan membentuk rombel internasional.

Rekruitmen Mahasiswa Lokal untuk Rombel Internasional

  1. Pada fase penerimaan mahasiswa baru UNNES tahun 2016, data mahasiswa yang diterima di ketiga jalur sudah harus selesai diumumkan semua.
  2. Seluruh mahasiswa yang diterima di prodi penyelenggara rombel internasional dikenai tes TOEFL oleh Bidang 1 melalui fasilitasi UPT TIK. Biaya tes ditanggung oleh Universitas untuk tahun pertama penerimaan.
  3. Sejumlah 20 mahasiswa dengan nilai TOEFL tertinggi masuk ke rombel internasional yang dimulai sejak semester pertama.
  4. Mahasiswa yang sudah ditetapkan sebagai peserta rombel internasional akan seterusnya tergabung dalam rombel internasional kecuali (a) nilai IPK kurang dari 2,5 dan (b) melakukan pelanggaran akademik.
  5. Mahasiswa tetap membayar UKT sesuai dengan kemampuan masing-masing. Untuk penerimaan kelas Internasional di tahun selanjutnya, UKT kelas internasional akan berbeda dengan UKT normal.

Rekruitmen Mahasiswa Internasional

  1. Pada semester gasal dan genap tahun 2015/2016, UNNES melakukan promosi atas pembukaan sepuluh prodi yang membuka rombel internasional dengan mengirim surat resmi kepada mitra UNNES di luar negeri yang berisi tawaran pendaftaran dan daftar prodi yang membuka rombel internasional. Surat juga dikirimkan ke KBRI negara mitra untuk disebarkan ke sekolah-sekolah menengah mitra KBRI.
  2. Internasional office menyempurnakan website SPMA UNNES dan menambahkan menu dan informasi sepuluh prodi yang membuka rombel internasional.
  3. Seluruh proses penerimaan mahasiswa asing dan pengurusan izin studi/izin tinggal untuk mahasiswa asing dikoordinasi oleh international office UNNES sesuai dengan peraturan Rektor yang berlaku.
  4. Berbeda dari kelas reguler, mahasiswa asing rombel internasional tidak diwajibkan mengikuti kursus bahasa Indonesia atau tes bahasa Indonesia tapi mahasiswa asing diwajibkan mengikuti tes TPA dan TOEFL sesuai dengan standar yang dibutuhkan, yaitu TOEFL minimal = 500).
  5. Ketentuan penerimaan mahasiswa asing sesuai dengan peraturan Rektor.
  6. Mahasiswa asing membayar UKT tertinggi pada prodi yang bersangkutan.

Informasi lebih lanjut tersedia pada laman berikut.