Seminar Hasil Inovasi Pembelajaran Matematika dan Etnomatematika

Dalam pembelajaran Matematika diperlukan sebuah inovasi dalam pembelajaran. Inovasi ini diperlukan untuk membuat suasana dalam pembelajaran Matematika lebih bermakna dan memiliki kebaruan dalam pelaksanaannya.Untuk itu diperlukan sebuah ide inovasi pembelajaran Matematika para calon pengajar pelajaran Matematika pada tingkat mahasiwa. Selain itu, konsep pembelajaran Matematika juga dapat ditemukan pada kebudayaan daerah. Konsep ini sangat sering dijumpai, mulai dari deret, pola, bentuk geometris dan sebagainya.

Pada mata kuliah Inovasi Pembelajaran Matematika menyediakan pembahasan inovasi-inovasi pembelajaran Matematika dan mata kuliah Etnomatematika yang membahsa konsep-konsep Matematika pada kehidupan sehari-hari. Dengan dampingan dari Bapak Adi Satrio Ardiansyah, S.Pd., M.Pd. dan Bapak Dr. Mohammad Asikin, M.Pd. sebagai doosen pengampu mata kuliah tersebut, diadakan sebuah Seminar Hasil yang bertujuan untuk mempresentasikan dan mendiskusikan hasil produk dari mata kuliah Inovasi Pembelajaran Matematika dan Etnomatematika. Kegiatan ini juga bertujuan sebagai Ujian Akhir Semester pada kedua mata kuliah tersebut.

Seminar Hasil ini diadakan pada hari Jumat, 18 Juni 2022. Acara berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting diikuti oleh para mahasiwa pada mata kuliah Inovasi Pembelajaran Mateatika dan Etnomatematika sekaligus dapat disaksikan oleh mahasiswa jurusan Matematika yang lain. Mengangkat tema Pengembangan Bahan Ajar Inovatif berorientasi Kemampuan Berpikir Matematis sebagai Alternatif Inovasi Pembelajaran Matematika pada masa Post Pandemic berlangsung meriah, para peserta menyajikan ide-ide yang beragam dan menarik.

Acara dibuka oleh MC, Kurnia Setyanti, lalu sambutan-sambutan dari dosen pengampu dan dilanjut acara inti. Para peserta dibagi menjadi lima ruangan pada Zoom Meeting beserta moderator dan notulennya masing-masing untuk Sidang Paralel, sebagai berikut:

  1. Room 1, Moderator Raivo dan Notulen Cici Rayagura Rahmatillah
  2. Room 2, Moderator Muhammad Azizi dan Notulen Munifa Alma Aisyah
  3. Room 3, Moderator Nico Caesario dan Notulen Halillah Mahfiroh
  4. Room 4, Moderator Salsabilla Naura Sari dan Notulen Laila Fajriati Qodriah
  5. Room 5, Moderator Khoirul Mubin Fatyadi dan Notulen Nova Tania

Dengan diadakannya kegiatan Seminar Hasil Inovasi Pembelajaran Matematika dan Etnomatematika ini, diharapkan dapat menghasilkan produk-produk inovasi pada pembelajaran Mateatika yang nantinya akan diterbitkan atau menjadi ide skripsi mahasiwa dikemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 + 5 =