Studium General “Kemampuan Statistika di Era Industri 4,0” oleh Kepala BPS Jawa Tengah

Berkembangnya Era Revolusi Industri 4.0 menuntut semua pihak untuk berkembang maju mengikuti arah perkembangan zaman. Sebagai wadah atau sistem pendidikan yang juga memiliki kewajiban melakukan kegiatan penelitian, pengembangan, dan pengabdian masyarakat, perguruan tinggipun juga harus berbenah untuk mengikuti arah perkembangan zaman. Tak luput dari itu, para civitas akademikpun juga perlu berkembang untuk tidak tertinggal zaman.

Statistika sebagai ilmu pengetahuan alam yang selalu digunakan pada semua disiplin ilmu. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan akademis, dan praktis mahasiswa serta dosen di lingkungan Jurusan Matematika, maka akan diselenggarakan kegiatan Studium Generam Jurusan Matematika dengan tema “Kemampuan Statistik di Era Industri 4.0” yang dipandu oleh Dosen Tamu Sentot Bangun Widoyono, M.A. selaku  Ketua Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan ini dihadiri oleh 20 Dosen dan 174 Mahasiswa Jurusan Matematika. Sebagai pembuka, Ketua Jurusan memberikan pengarahan tentang perkembangan zaman di Era Revolusi Industri 4.0 yang begitu pesat, sehingga civitas akademik khususnya di Jurusan Matematika perlu mengikuti perkembangan zaman dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang sesuai. Dosen Tamu menjelaskan materi tentang “Kemampuan Statistika di Era Industri 4.0” disertai dengan contoh dan data yang mumpuni. Selanjutnya kegiatan beberapa peserta terlibat tanya jawab dengan Dosen Tamu.

Foto Bersama Dosen Jurusan Matematika dengan Dosen Tamu
Sentot Bangun Widoyono, M.A.

Dr. Iqbal Kharisuddin, M.Si. sebagai perwakilan dosen menanyakan terkait data yang dapat diakses melalui BPS dan bagaimana cara bagaimana cara mengakses data tersebut?. Selanjutnya perwakilan mahasiswa, Bayu dari D3 Staterkom menanyakan dua hal terkait 1) saran yang perlu dipersiapkan untuk mengahadapi revolusi indutri 4.0 bagi civitas akademi dan (2) kemampuan apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang data analis, yang dibutuhkan untuk menyambut revolusi indutri 4.0. pertanyaan terkahir disampaikan oleh Hasan Mahasiswa S1 Matematika yang menanyakan Mengapa data hasil Quick Count, Exit Poll dari beberapa Lembaga Survey, dan Hasil Sementara Real Count berbeda dengan Hasil Quick Count yang dilakukan oleh BPN? Bagaimana cara mendapatkan sampel yang representative dalam mengadakan survey?

Dari pertanyaan tersebut, Pak Sentot Bangun Widoyono menyebutkan bahwa data yang dimiliki BPS dapat diakses melalui web BPS Pusat maupun web BPS masing-masing Provinsi yaitu di www.bps.co.id atau www.jateng.bps.co.id. Selain itu dapat diakses di aplikasi androit dengan mendonwload di Play Store yaitu OTSJateng yang merupakan aplikasi data seluruh Provinsi Jawa Tengah. Data yang dapat diakses memuat segala aspek kehidupan masyarakat, yaitu data tentang sosial, ekonomi, politik, pertahanan, yang meliputi inflasi, niai tukar petani, eks-import, pertumbuhan ekonomi selama 3 bulan, indeks kemiskinan, indeks manusia, dan lain-lain. Saran yang disampaikan terkait hal yang perlu disiapkan dalam menghadapi era 4.0 adalah (1) Statistik yang dapat dihubungkan dengan perkembangan IT dan (2) Kemampuan Komputasi Statistik. Sedangkan untuk menjawab pertanyaan terakhir, beliau memaparkan bahwa prinsip utama dalam sampel bisa heterogen dan homogen. Yang terjadi dalam pemilihan Presiden kali ini adalah Distribusi Binomial, jadi bukan distribusi populasi yang normal, sehingga sampel yang diambil harus sesuai dengan proporsi untuk masing-masing wilayah dan diambil secara acak.

Penyerahan Kenang-kenangan dari Ketua Jurusan Matematik kepada Dosen Tamu Sentot Bangun Widoyono, M.A

Dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan statistika mahasiswa serta dosen Jurusan Matematika dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 84 = 85