Ujian Komprehensif Online bagi Mahasiswa Matematika

Sesuai dengan ketentuan dari fakultas, dengan ini diberitahukan kepada mahasiswa Jurusan Matematika khususnya Prodi Matematika dan Pendidikan Matematika, bahwa Ujian Komprehensif Online wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa FMIPA jenjang Sarjana (S1) sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikuti ujian skripsi. Mahasiswa dinyatakan LULUS jika telah mencapai skor minimal 61 yang ditunjukkan dengan Surat Keterangan Lulus Ujian Komprehensif Online dari fakultas.

Bagi mahasiswa yang BELUM LULUS pada ujian pertama, dapat mengikuti ujian ulang hingga dua kali. Dengan kata lain, setiap mahasiswa memiliki tiga kesempatan untuk mengikuti ujian. Jika pada ujian ke-tiga mahasiswa tersebut BELUM LULUS, maka Koordinator Program Studi akan memberikan pembinaan secara khusus, sehingga dinyatakan layak untuk mengikuti ujian skripsi.

Pada tahun 2020 ini, pelaksanaan ujian komprehensif dilaksanakan dengan mekanisme yang agak berbeda karena adanya pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir. Seluruh rangkaian kegiatan ujian komprehensif dilakukan sepenuhnya secara daring, dari pemesanan jadwal hingga pelaksanaan ujian, sehingga mahasiswa tidak perlu hadir di kampus. Ujian komprehensif periode ini dilaksanakan untuk mahasiswa angkatan 2017 dan dapat diikuti oleh mahasiswa angkatan sebelumnya yang memenuhi syarat.

Saat ini sistem ujian komprehensif online telah terintegrasi dengan Applications Gate UNNES yang dapat diakses dengan sign in melalui portal apps.unnes.ac.id. Mahasiswa dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi Sistem Informasi Ujian Komprehensif (Kompre), sedangkan untuk pelaksanaan ujian akan dilaksanakan melalui Aplikasi Tes Online (Ujian).

Berikut rincian kegiatan ujian komprehensif online periode semester gasal 2020/2021 gelombang 1:

  1. Pemesanan jadwal oleh mahasiswa: 21 s.d. 24 Oktober 2020;
  2. Penjadwalan dan konfirmasi oleh pengelola: 21 s.d. 24 Oktober 2020;
  3. Pemilihan jadwal ujian oleh mahasiswa: 23 s.d. 25 Oktober 2020;
  4. Pelaksanaan ujian secara daring: Selasa, 27 Oktober 2020 pukul 13.00 WIB;

Keikutsertaan mahasiswa dalam ujian komprehensif merupakan salah satu syarat untuk melakukan pendaftaran sidang proposal skripsi. Sedangkan kelulusan dalam ujian komprehensif merupakan syarat bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti sidang skripsi. Mahasiswa yang dinyatakan lulus akan mendapatkan Surat Keterangan Lulus Tes Komprehensif Online dari fakultas yang akan digunakan sebagai syarat untuk mendaftar sidang skripsi.

Demikian informasi ini disampaikan agar mendapat perhatian dan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

3 thoughts on “Ujian Komprehensif Online bagi Mahasiswa Matematika”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.