Workshop Kelas Internasional Prodi Pendidikan Matematika

Era globalisasi merupakan era saling ketergantungan antar bangsa dan negara. Perkembangan Era Revolusi Industri 4.0 juga menambah pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga perlu dipersiapkan kemampuan SDM yang mampu mengikuti perkembangan tersebut.

Perguruan tinggi yang bermaksud mendunia atau menjadi perguruan tinggi berkelas dunia (World-Class University) harus memiliki standar dan memenuhi standar yang diakui dunia internasional. Standar itu adalah Webometric, UI Green Metric, QS Ranking, dan lainnya. Peringkat UNNES dalam webometric dan UI Green Metric sudah cukup tinggi meskipun harus ditingkatkan lagi rankingnya pada waktu ke depan. Selain itu, perguruan tinggi berkelas dunia harus dapat berinteraksi dengan perguruan tinggi lain di dunia dan diakui performa akademiknya.

Sebagai upaya menjalin interaksi akademik dalam skala global, Universitas Negeri Semarang membuka kelas internasional yang sudah dimulai sejak
tahun 2016. Ada 8 program studi penyelenggara kelas internasional pada tahun 2016 dan pada tahun 2017 bertambah 3 program studi penyelenggara, sehingga secara keseluruhan hingga tahun 2017 terdapat 11 program studi penyelenggara kelas internasional. Berjalannya waktu penyelenggaraan kelas internasional, diakui bahwa masih ada kekurangan, kelemahan, dan hambatan dalam penyelenggaraan kelas internasional yang bereputasi. Oleh karena itu telah diterbitkannya Panduan Penyelenggaraan Kelas Internasional Universitas Negeri Semarang agar dapat menjadi panduan bagi penyelenggara kelas internasional dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang bermutu sesuai standar internasional.

Tanya Jawab dengan Dosen Pengampu Kelas Internasional
Dr. Amin Suyitno, M.Pd

Jurusan Matematika FMIPA UNNES sebagai salah satu penyelenggara kelas internasional perlu berbenah diri untuk meningkatkan layanan kelas internasionalnya pada program studi S1 Pendidikan Matematika. Dalam rangka mengembangkan pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan dosen Jurusan Matematika FMIPA UNNES dalam menyelenggarakan kelas internasional, maka dilaksanakan kegiatan Workshop Penyelenggaraan Kelas Internasional Program Studi S1 Pendidikan Matematika yang dipandu oleh Dr. rer.nat. Adi Nur Cahyono, M.Pd..

Berikut adalah link untuk materi Workshop Penyelenggaraan Kelas Internasional Program Studi S1 Pendidikan Matematika

  1. Materi Kelas Internasional
  2. Panduan Kelas Internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 8 = 18

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.